BERITA TERBARU

Robot Dari PENS Surabaya Mewakili Indonesia Ke Asia Pasifik

Posted by lihatberita | Pada : 11:39 AM

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) akan melaju ke kontes Robot Tingkat Asia Pasifik. Mereka akan mewakili Indonesia pada kontes serupa tingkat Internasional se-Asia Pasifik ABU Robocon 2010 yang akan pada 19 September 210 di Kairo, Mesir.

"Tim Robot Mio-rEi dari PENS kemarin menang pada kontes Kontes Robot Indonesia (KRI) di Dome Universitas Muhammadiyah Malang [UMM] Jawa Timur, Minggu malam," kata Muhajir, Kepala PIH Depdiknas, hari ini.

Tim ini juga memboyong piala bergilir KRI dari Menteri Pendidikan Nasional. Melengkapi penghargaan yang diterima, Mio-rEi dinobatkan sebagai robot dengan strategi terbaik.

Pada pertandingan di babak final Minggu malam kemarin, Tim Robot Mio-rEi dengan cekatan berhasil menyelesaikan tugas menyusun balok-balok menyerupai bangunan candi.

Robot pertama dikendalikan oleh peserta, sedangkan robot kedua dan ketiga menyelesaikan tugasnya secara otomatis tanpa kendali peserta.

Rektor UMM Muhadjir Effendy pada sambutan penutupan Kontes Robot Indonesia menyampaikan masa depan dunia dikuasai oleh bangsa-bangsa yang menguasai teknologi.

"Salah satunya adalah teknologi robot yang akan memimpin di bidang industri dan militer. Sekarang pesawat tempur 50% dikendalikan robot. Pilot hanya second line dari pesawat," katanya.

Muhadjir berharap keberhasilan para pemenang tidak dipanen dalam satu atau dua tahun, tetapi 10, 20, bahkan 50 tahun lagi. "Kalau saudara bisa berikhtiar maka jangka panjang saya yakin teknologi robot kita tidak akan kalah dengan bangsa lain," katanya.

Selengkapnya pemenang KRI 2010 juara pertama adalah Mio-rEi dari PENS Surabaya, disusul juara kedua F4KuBo (ITS), dan juara ketiga Garuda (UGM)
PEMENANG KONTES ROBOT 2010
Juara 1 Mio-rEi dari PENS Surabaya
Sebagai strategi terbaik
Juara 2 F4KuBo (ITS)
Juara 3 Garuda (UGM).
Desain robot terbaik
Paraikatte (Unhas)
Harapan terbaik

KRCI ROBOT BERODA
Juara 1 IRONFIRE (UGM)
Juara 2 HI-101 (PENS Surabaya)
Juara 3 Siliwangi Polban
(Politeknik Negeri Bandung)

KRCI ROBOT BERKAKI
Juara 1 ASA (ITB)
Juara 2 GRAFIKA 02 (UGM)
Juara 3 Ratatouille (UI)

Inovasi terbaik
Universitas Bhayangkara Surabaya
Desain terbaik Kusumayuda (Polban)

KRCI BATTLE
Juara 1 AbenQ2pNb (Politeknik Bengkalis)
Juara 2 L-F17 (PENS Surabaya)
Juara 3 R2C-BATTLE (Univ.Kristen Satya Wacana)

Tim robot inovasi terbaik
Al-'Aadiyaat (Universitas Negeri Yogyakarta)
Desain terbaik DU99-V2 (Universitas Komputer Indonesia)

KRSI
Juara 1 Putu Ayu dari PENS Surabaya
Juara 2 DEWI (Universitas Surabaya)
Juara 3 el-Hawa (Universitas Brawijaya Malang)

Robot ARTISTIK
Ni Ketut (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Tim desain terbaik Agung (UGM)


Share

Berita Lainnya ,

Template ByJasa BLOG
Source News kaskus.us kompas.com detik.com vivanews.com antaranews.com tempointeraktif.com ketik.us inilah.com beritajatim.com suryaonline.co.id google.co.id id.yahoo.com powered by BLOGGER