BERITA TERBARU

Pemerintah Naikkan Harga Vodka

Posted by lihatberita | Pada : 1:44 PM

MOSKWA, Guna memerangi penggunaan minuman alkohol yang merajalela, pemerintah Rusia menaikkan harga penjualan minimum untuk vodka. Kenaikan itu diberlakukan sejak Jumat di mana harga termurah naik menjadi lebih dari dua kali lipat harga semula.

Minuman beralkohol telah menyebabkan kematian yang luar biasa di Rusia, di mana harapan hidup laki-laki kini menjadi sekitar 60 tahun. Hal itu menjadi salah satu penyumbang masalah ekonomi dan sosial di negara setempat.

Penetapan harga minimum dari 89 rubel untuk setengah liter vodka itu mulai berlaku pada 12 hari awal tahun baru dan libur Natal Ortodoks di mana konsumsi alkohol berada pada titik tertinggi.

Rusia menjadi salah satu negara dengan tingkat konsumsi alkohol tertinggi di dunia. Setiap pria, wanita dan anak-anak diperkirakan mengonsumsi 18 liter alkohol murni per tahun.

Presiden Dmitry Medvedev, secara terbuka mengecam kebiasaan minum warga Rusia karena berdampak pada kesejahteraan bangsa. Ia telah memerintahkan serangkaian langkah-langkah untuk mengurangi penjualan minuman tersebut.

Sebuah studi yang diterbitkan tahun lalu dalam jurnal medis The Lancet menunjukkan minum minum beralkohol telah menyebabkan lebih dari setengah kematian warga Rusia berusia 15-54 sejak runtuhnya Uni Soviet tahun 1991.


Share

Berita Lainnya

Template ByJasa BLOG
Source News kaskus.us kompas.com detik.com vivanews.com antaranews.com tempointeraktif.com ketik.us inilah.com beritajatim.com suryaonline.co.id google.co.id id.yahoo.com powered by BLOGGER